Selasa, 04 Agustus 2015

Wah... Tanam dan Panen Tumbuhan Bisa Dilakukan Lewat Perangkat Komputer Ini

Tanam dan Panen Tumbuhan Bisa Dilakukan Lewat Perangkat Komputer Ini

Pemanasan global dan ledakan populasi penduduk sebabkan masalah kelaparan dunia. Para ilmuwan pun mencari cara untuk mengatasi hal ini. Solusi terbaru yang diciptakan adalah personal farm computer. Disini penggunanya dapat menanam dan memanen tumbuhan via komputer.

Seperti diberitakan The Daily Meal (04/08/15), personal farm computer adalah perangkat digital yang mengendalikan sebuah ekosistem kecil didalamnya. Perangkat yang terlihat seperti akuarium ini hanya memerlukan dua sumber tenaga yaitu listrik dan air.

Didalam perangkat ini penggunanya dapat menanam aneka tumbuhan seperti sayuran hijau atau buah berries. Yang terpenting tinggi bahan makanan yang ditanam tak melebihi tinggi 'akuarium' digital ini yang mencapai 1.2 meter.

Sistem digital juga memungkinkan pengguna personal farm computer untuk mengatur cahaya, aliran air, hingga cuaca yang diperlukan untuk menanam sebuah tumbuhan. Semuanya dilakukan via komputer.

Pengaturan tersebut nantinya juga tersimpan dalam database sehingga penggunanya bisa membagi 'resep' ini pada orang lain. “Ini adalah contoh pertanian di masa depan,” ujar Caleb Harper, pencipta personal farm computer sekaligus insiyur di MIT Media Lab dan pendiri CityFarm.

Harper dan timnya mengaku terus berusaha mengembangkan alat buatannya sehingga bisa digunakan banyak orang. Mereka berharap personal farm computer dapat dijual seharga 300 dollar (sekitar Rp 4 juta) atau bahkan kurang.

“Dunia ini kekurangan orang dan alat moderen. Tujuan saya adalah menciptakan lebih banyak 'petani' lewat kotak ini,” pungkas Harper mengenai personal farm computer buatannya.

(odi/adr)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...