Sabtu, 03 Desember 2011

Dream Robo, Robot yang Bisa Memanjat


Tahukah anda, kini berbagai Negara di Asia begitu hangat-hangatnya mengembangkan sebuah humanoid atau robot. Terutama Jepang, jepang adalah Negara yang memiliki keahlian paling baik di Asia.

Kini, telah ada sebuah robot terbaru yang bisa memanjat tangga.  Robot tersebut diberi nama “ Dream Robo “. Sebenarnya, robot ini pernah dipublikasikan tahun lalu pada saat digelarnya  expo di Shanghai Cina.  Dream Robo memiliki tinggi 1,4 m dan memiliki berat kurang lebih 30 kg.  Dream Robo, digerakkan oleh lima mesin yang tertanam dalam tubuhnya. Walaupun saat ini keahlian robot tersebut  belum semaksimal yang diharapkan, namun setidaknya apa yang telah dicapai sudah mendapatkan apresiasi lebih dari masyarakat banyak.

Seperti yang diutarakan Presiden Otot Crops Hirofumi Tamai “ Sebagai contoh, jika robot itu bergerak untuk mengambil langkah selanjutnya dalam memanjat. Pertama-tama mengangkat tangan dulu baru kemudian memutar sedikit badannya untuk mengangkat lagi kaki yang sebelah kiri baru disusul kaki sebelah kanan. Gerakan yang dibutuhkan untuk memanjat pipa ( tangga yang dibuat pada waktu expo ) semua cara kerjanya ditransmisikan kedalam motor. Setelah motor dapat menangkap dan  memahami instruksi dengan benar, maka motor akan menjalankan intruksi selanjutnya. Jadi semua gerakan robot selalu ditransmisikan   dahulu kedalam motor”.





Untuk lebih jelasnya, bisa lihat video berikut :
Salah satu video ini dirilis oleh Diginvo tv


Dan ini :



Read more

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...