Sabtu, 03 Desember 2011

[AMAZING] Morning Glory Pool, Kolam Seribu Wajah yg Tampil Warna-Warni

 

Satu lagi keajaiban alam yang pantas kita kagumi, Morning Glory Pool, di Yellowstone National Park, Wyoming, Amerika. Kolam 'seribu wajah' karena penampilan warnanya yang warna-warni, biru, hijau, kuning, orange, coklat tembaga.Fenomena ajaib ini membuat Morning Glory Pool sangat terkenal di dunia sebagai tujuan wisata. Setiap tahun sekitar 3 juta lebih pengunjung datang ke sini untuk menyaksikan keajaiban kolam ini. Konon, kolam ini telah ada dan dinamai "morning glory pool' sejak tahun 1880

Lokasi: Yellowstone National Park , Teton County , Wyoming, USA Ketinggian: 7.300 kaki (2.225 m)

SEJARAH

Pada Tahun 1883, EN McGowan, istri dari Asisten Inspektur Taman Charles McGowan menamai kolam itu Morning Glory Pool dan menjadi terkenal oleh masyarakat umum sekitar tahun 1989.

Ia juga menyebut dalam bahasa Latin sebagai Convolutus, yang berarti morning glory flower yaitu menyerupai mata air. Untuk menjaga kelestarian wisata Morning Glory Pool, pejabat taman pun melakukan berbagai upaya agar tidak terganggu dari kerusakan alam (vandalisme).

Berikut Penampakan Kolam Morning Glory dalam beberapa dekade terakhir

1916


1966
1966: Tampak Kolam pada beberapa tahun yang lalu sebelum reaksi kimia berlangsung


1970
Air yang dulunya biru kristal-jelas sekarang menjadi hijau keruh 


2005



2007



KEUNIKAN

Dua keunikan Morning Glory Pool terdapat pada warna air yang berbeda dan juga proses terbentuknya sebuah kolam air panas. Kolam air panas ini memiliki warna yang berbeda-beda. Faktor penyebab perubahan warna itu dikarenakan adanya sejumlah bakteri yang menetap di air. Glory Pool sendiri terbentuk akibat gempa bumi yang meletus hingga keluar sebagai mata air panas.

  Bakteri pada Kolam Morning Glory:
Akibat suhu menurun, bakteri pun mulai masuk dan mengubah warna biru menjadi kuning, orange dan coklat tembaga. .Awalnya, bakteri hanya ada di pinggir kolam (warna kuning dan orange) namun seiring dengan makin menurunnya suhu, bakteri mulai merangsek masuk hingga ke tengah.

Aslinya, kolam air panas itu didominasi warna biru cemerlang. Tapi kemudian berubah menjadi beberapa warna karena ulah manusia, yakni, para pengunjung yang membuang uang coin, batu, kayu bahkan sampah. Akibatnya benda-benda yang dibuang di dalam kolam itu tertanam di dasar kolam, karena ini terjadi bertahun-tahun, yang menyumbat saluran-saluran air panas didasar kolam. Sirkulasi air terganggu, dan suhu air pun menurun. Kolam yang tadinya berwarna biru dengan uap yang mengepul-ngepul saking panasnya air, kini tidak lagi.


PICTURE

Berikut Foto-foto kolam air panas ketika berubah warna. Yang uniknya warna tampilan tidak hanya satu, tapi beberapa warna. Misalnya, pada bagian tengah danau yang terdapat ceruk dalam, berwarna biru muda, lalu pinggirannya berwarna kuning, pinggir bagian luar berwarna merah kecoklatan. Atau kadang bagian tengah berwarna hijau bening.

Sebuah gambar pada tahun 1960-an sebelum bakteri mulai berkembang dari sampah di kolam






VIDEO

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...