Kamis, 22 September 2011

Sepeda Motor Ajaib, Tetap Tegak tanpa Penyangga

 

SEPEDA motor listrik dengan kabin tertutup bernama C-1 dari Lit Motors sepertinya akan mengubah dunia transportasi secara revolusioner. Sepeda motor roda dua ini tetap bisa berdiri tegak dan stabil meskipun dalam kondisi statis meskipun tanpa penyangga!

Sepeda motor bertenaga listrik ini memiliki sistem penggerak all-wheel-drive merupakan perpaduan jenius dari keluwesan sepeda motor dengan kenyamanan dan keselamatan yang disajikan oleh kabinnya yang tertutup.

Ajaibnya, kendaraan ini tidak memiliki lubang di bagian bawah layaknya sepeda motor untuk menurunkan kaki ke jalan maupun roda-roda tambahan yang dapat dilipat seperti umumnya  sepeda motor kabin tertutup, untuk menahan agar tetap tegak saat ia berhenti.

Bahkan C-1 tetap kembali tegak saat ia dihantam keras dari samping ketika ia tengah meluncur di jalan raya, seperti simulasi yang ditunjukkan pada tayangan video di YouTube
 

Untuk menjaga keseimbangannya, C-1 dibekali flywheel alias roda gila yang mampu menyajikan torsi kestabilan sebesar 1.300 lb-ft (1.762 Nm).

Kekuatan putaran roda gila ini bahkan mampu membuat kendaraan tetap kembali berdiri tegak meskipun dihantam keras dari arah samping saat ia dijalankan. Seperti ada kekuatan ajaib yang mampu terus menjaganya.

Ini mengingatkan kita pada mainan tradisional anak-anak Indonesia beberapa puluh tahun lalu, berupa sepeda motor tanpa roda yang terbuat dari lembaran seng yang dipasangkan roda gila terbuat dari timah.

Dengan seutas benang nilon yang digulungkan pada bagian sisi porosnya, roda timah tersebut diputar dengan cara menarik benang nilon tadi dengan kuat sehingga roda timah berputar kencang.

Kombinasi gaya sentrifugal dan sentripetal yang dihasilkan roda timah tadi menimbulkan efek giroskopis yang mampu mempertahankan posisi mainan tersebut tetap berdiri tegak. Sayangnya mainan sederhana ini sudah sangat sulit ditemukan.
 

Seperti pada mainan tersebut, C-1 memiliki roda gila yang berputar tegak dan itu membuat kendaraan menjadi sulit direbahkan. Oleh karena itu kendaraan ini dilengkapi sistem yang inputnya diambil dari sudut roda kemudi.

Tujuannya agar kendaraan tetap memiliki karakter manuver layaknya sepeda motor konvensional. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kestabilan, keseimbangan dan daya cengkram roda-roda ke permukaan aspal ketika sepeda motor 'ajaib' ini berbelok memasuki tikungan.

AutoblogGreen melaporkan bahwa menurut CEO Lit Motors Daniel Kim, jika perusahaan bisa memproduksi kendaraan dengan volume 10.000 unit atau lebih, harga C-1 bisa dijual satuan dengan banderol sekitar US$16.000 (sekitar Rp141,3 juta).

Dengan harga itu, pemiliknya mendapatkan kendaraan dengan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam tempo 6 hingga 8 detik. Kendaraan ini mampu menjelajah sejauh 240 km dengan sekali pengisian baterai. Keren...(OL-07)


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...