Kamis, 08 September 2011

Pengaruh Poconggg Saingi Justin Bieber

foto

Hantu gaul Twitter, Poconggg, kini tercatat sebagai salah satu akun paling berpengaruh di situs jejaring sosial 140 karakter itu. Ia menyalip dominasi artis Sherina Munaf yang pernah menjadi akun paling berpengaruh ke-3 di dunia di bawah penyanyi asal Kanada, Justin Bieber.

Perhitungan tersebut didasarkan pada perhitungan Klout.com, sebuah situs pengukur pengaruh untuk melihat sejauh mana dampak opini, pendapat,link, dan rekomendasi di jejaring Twitter.

Klout yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat, akan menilai sejauh mana pengaruh bisa mendorong sebuah aksi. Nilai Klout bersifat sementara, tergantung konsistensi seseorang mengutarakan pendapat yang bisa mempengaruhi pengikutnya.

Berdasarkan situs twitalyzer skor Kloutuntuk akun @poconggg, yaitu 92. Nilai itu mengalahkan akun penulis sekaligus blogger Raditya Dika dengan akun @radityadika yang mendapat skor 88. Adapun artis Sherina Munaf dengan akun @sherinamunaf mendapat skor 81.

Padahal, jika dilihat dari jumlah pengikut (follower), poconggg paling kecil ketimbang dua akun terkenal itu. Poconggg yang sempat "ngambek" berkicau gara-gara identitasnya terbongkar kini memiliki sekitar 817 ribu pengikut. Bandingkan dengan Justin Bieber, Raditya Dika, dan Sherina masing-masing memiliki pengikut sebanyak 12,4 juta, 968 ribu dan 1,46 juta.

Memang perhitungan Klout tidak didasarkan jumlah follower. Melainkan pengaruh tweet tersebut dan timbal baliknya. Jika melihat siapa yang diikuti ketiga akun tersebut, Poconggg ternyata tak mengikuti satu akun pun. Adapun Raditya Dika mengikuti paling tidak sekitar 546 akun, lalu Sherina Munaf sekitar 362 akun. Ketiganya menurut twitalyzer.com diklasifikasikan sebagai komunikator handal.

DIANING SARI

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...