Kamis, 08 September 2011

Nenek 74 Tahun Pikul Dagangan Sejauh Belasan Kilo

Marawiah, perempuan 74 tahun yang mampu berjalan sejauh belasan kilo untuk berjualan sayuran dan ikan di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.



Nenek Marawiah sungguh hebat. Meskipun usianya sudah 74 tahun, fisiknya masih kuat. Setiap hari dia berjalan kaki sejauh belasan kilo sambil memikul dagangannya berupa sayuran dan ikan.
Bagi perempuan asal Polewali Mandar, Sulawesi Barat itu, aktivitas fisik yang tergolong berat itulah yang membuatnya hidup sehat dan panjang umur. Di usia yang lanjut itu dia masih produktif.
Setiap subuh, saat kebanyakan orang baru terjaga dari tidur, Marawiah sudah berjalan sejauh belasan kilometer ke Pasar Baru. Di situ dia membeli ikan dan sayuran untuk dijual kembali.
Dari pasar, Marawiah dengan sabar memikul barang dagangannya ke beberapa tempat di Polewali Mandar. Dia menyambangi pelanggannya dari gang ke gang hingga menjelang tengah hari.
Sudah bertahun-tahun Marawiah menjalani kehidupan seperti itu. Dia tidak pernah mengeluh capek karena pekerjaannya. Justru kalau tidak beraktivitas dia merasa badannya pegal-pegal.
"Sakit semua badan dan kaki saya kalau seharian tidak bergerak dan berjalan. Kalau tinggal di rumah malah saya merasa seperti sakit," ujar Marawiah.
Beratnya aktivitas fisik yang dijalaninya sebenarnya tidak sebanding dengan uang yang diperolehnya dari berjualan sayur dan ikan.
Bagi Marawiah, asalkan uang yang didapatnya sudah cukup untuk mengangsur utang. Dia meminjam uang RP 100.000 dari koperasi untuk digunakan sebagai modal berjualan sayur. Selain tentunya penghasilannya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dengan satu anak dan empat cucunya.
Marawiah pantang mengeluh ataupun menggantungkan hidup pada orang lain. Sebuah payung lusuh melindunginya dari terik matahari dan hujan.
Terkadang jika sepi pembeli, Marawiah membawa pulang barang dagangannya. Sebagian diberikannya pada tetangga, sisanya dia masak sendiri.
Tetangga-tetangganya mengagumi keuletan sang nenek  yang meskipun sudah berusia lanjut tetapi tetap sehat dan produktif.
"Orangnya memang tidak bisa tenang ataupun tinggal diam di rumah. Dia selalu suka bekerja apa saja yang penting badannya bisa bergerak," ujar Sumiati, tetangga Marawiyah.
Marda, pelanggan Marawiah, pun salut pada kegigihan sang nenek.  "Saya sudah puluhan tahun menjadi pelanggan sayur Nenek Marawiah. Dia orangnya kuat dan setiap hari jalan kaki mendatangi pelanggan-pelanggannya," ujar Marda.


Sumber

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...