Minggu, 09 Januari 2011

6 CARA UNTUK HIDUP SEHAT

Sibuk bekerja terkadang membuat olahraga dan kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan sehat jadi terabaikan. Bahkan, hal-hal yang mungkin menurut anda kurang berarti ini bisa menghasilkan sesuatu yang mengagetkan anda di kemudian hari. Nah, sebelum terlambat, ada beberapa saran yang layak dilakukan untuk hidup lebih sehat:


1. Tambahkan satu jam untuk tidur anda
Dalam sehari, setiap orang rata-rata membutuhkan 8 jam untuk tidur. Namun kenyataannya, banyak yang hanya tidur 6-7 jam, atau bahkan kurang daripada itu. Untuk menyiasati kekurangan tersebut, coba tambahkan 1-2 jam tidur pada akhir pekan. Hasil penelitian menunjukkan, kurang tidur berakibat memperburuk kemampuan untuk mengingat dan memperlambat perbaikan sistem saraf dan otot.
Cara lain untuk menggantikan tidur yang kurang adalah dengan menetapkan waktu tidur dan bangun yang sama, bahkan pada hari libur sekalipun. Tak ada salahnya juga "mencuri" 15-20 menit waktu diantara jam 13:00-16:00 yang bermanfaat mengasah ingatan anda dan mengurangi kelelahan. Dan jangan lupa, olahragalah teratur. Hal ini dapat membuat Anda tidur lebih baik dan lebih nyenyak.

2. Lebihkan minum 3 cangkir air setiap hari.
Ketika Anda merasa haus, tubuh anda kekurangan air sebanyak 2 persen. Untuk itu, minumlah sebelum Anda merasa haus. Untuk membuat variasi dan menyegarkan, tambahkan air jeruk nipis dalam minuman. Atau dengan meminum segelas jus buah juga bisa menjadi alternatif disaat minum air membosankan. Bila anda memiliki kecanduan minuman kafein atau berkarbonasi, sebaiknya imbangi dengan banyak minum air. Gunanya, tentu saja, untuk mengurangi keinginan Anda untuk mengkonsumsi kafein yang berlebihan. Penggunaan gelas minum yang lebih besar juga dapat menjadi solusi sehingga Anda dapat minum air lebih banyak.

3. Tambahkan tomat pada roti panggang Anda
Setiap hari, manusia membutuhkan serat 33 persen dari total makanan, yang berasal dari sayuran atau buah. Namun, kebanyakan orang hanya makan sayur disaat makan siang dan makan malam. Cukup bagus apabila anda menambahkan sayuran saat sarapan. Anda dapat melakukannya dengan memasukkan sayuran bayam atau sawi dalam telur dadar, tambahkan dua iris tomat pada roti, atau minum segelas jus wortel. Selain sehat juga bisa menahan rasa lapar sampai waktu makan siang.

4. Tambahkan gerakan lain dalam olahraga rutin Anda
Gabungkan beberapa gerakan dalam latihan/olahraga untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan hanya melakukan satu gerakan yang monoton.

5. Baca e-mail sebagai di waktu senggang
Stres dapat menimbulkan dampak tidak lancarnya aliran darah disetiap fungsi tubuh yang dapat menyebabkan insomnia, tekanan darah tinggi, sembelit, depresi, dan kecemasan yang kadang bisa menimbulkan perasaan sakit. Jika hal ini berlangsung lama, maka bisa menimbulkan penyakit jantung, penurunan sistem kekebalan tubuh dan hipertensi. Untuk menghilangkan stres, cobalah untuk menghabiskan waktu lima menit setiap jam kesibukan Anda. Berjalan-jalan, membaca e-mail atau melakukan sesuatu yang mungkin bisa membuat Anda merasa senang dan berpikir kalau Anda telah membuat hari yang berbeda dari biasanya. Dan last but not least, belajar untuk mengendalikan emosi.

6. Turunkan berat badan anda
Jika Anda kelebihan berat badan, kehilangan 5-10 persen dari total berat badan dapat mengurangi kemungkinan komplikasi penyakit jantung dan pembuluh darah. Untuk menurunkan berat badan, Anda dapat melakukannya dengan makan 6-7 makanan kecil daripada makan 3 porsi sehari, namun dalam jumlah yang lebih besar. Hitung jumlah serat yang masuk, bukan jumlah kalori. Makanan kaya serat biasanya memiliki kalori yang lebih rendah, makan sayur dan buah-buahan sebelum makan makanan utama. Hal ini dapat mengurangi asupan kalori hingga 26 persen.

www.manggasiang.co.cc

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...