Kamis, 30 Desember 2010

Monyet Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas DIY

Pasukan monyet diturunkan saat lampu lalu lintas menyala merah. "Monyet aja tahu aturan",




Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus melakukan sosialisasi tata tertib lalu lintas pada pengendara sepeda motor maupun mobil di jalan raya.

Uniknya, sosialisasi tidak dilakukan oleh petugas kepolisian, tapi oleh para monyet.

"Semoga sosialisasi taat aturan lalu lintas dengan media monyet ini tidak menyinggung pengguna jalan," kata Kapolda DIY, Brigadir Jenderal Ondang Sutarsa di Mapolda DIY, Kamis 30 Desember 2010
Menurut Ondang sosialisasi yang dilakukan oleh monyet itu berlangsung saat lampu lalu lintas menyala merah. Monyet oleh pawangnya nanti akan membawa sebuah tulisan sembari berjoget di depan pengguna jalan. Para monyet ini akan membawa tulisan: "Monyet aja tahu aturan".

Setelah itu, monyet yang dikendalikan para pawang akan kembali beraksi dengan tulisan yang berbeda. Isinya:"Yuk kita ikuti aturan".

"Dengan waktu kurang lebih 2-3 menit lampu menyala merah, waktunya cukup bagi monyet untuk memberikan sosialisasi taat aturan bagi pengguna jalan," kata Kapolda.

Lebih lanjut Ondang menyatakan, setidaknya sosialisasi aturan lalu-lintas ini akan melibatkan dua tim, lengkap dengan dua monyet.

"Ada dua tim topeng monyet atau ledek munyuk dengan pawangnya, yang akan melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan," kata Ondang.

Diharapkan dengan menurunkan pasukan monyet, tingkat kecelakaan lalu lintas di DIY menurun.

Meski, ditambahkan Kapolda, saat ini tingkat kecelakaan di jalan raya cenderung mengalami penurunan.

Tercatat pada tahun 2009 jumlah angka kecelakaan mencapai 4.378 kejadian dengan korban tewas mencapai 207 orang. Sedangkan pada tahun 2010 angka kecelakaan mencapai 4.056 dengan korban tewas mencapai 153 orang.

"Untuk kejadian laka-lantas memang mengalami penurunan. Kita berharap dengan sosialisasi taat lalu-lintas dengan tarian topeng monyet ini semakin menggugah kesadaran pengguna jalan untuk tertib lalu-lintas,"pungkasnya.


• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...